Bagi Para Ibu, Yuk Kenali 6 Tahap Pertumbuhan Bayi dalam Kandungan

priestsforlife.org

Pertumbuhan dan Perkembangan janin dalam kandungan secara sederhana mengalami 6 tahap:

Tahap 1 Pertumbuhan & Perkembangan  Bayi Usia 2 Minggu

Tahap 2 Pertumbuhan & Perkembangan Bayi (Janin) Usia 3 Minggu

Tahap 3 Pertumbuhan & Perkembangan Bayi Usia (Janin) 6 Minggu / 1Bulan

Tahap 4 Pertumbuhan & Perkembangan BayiUsia (Janin) 8 Minggu

Tahap 5 Pertumbuhan & Perkembangan  Bayi Usia (Janin) 9 Minggu / 2 Bulan

Tahap 6 Pertumbuhan & Perkembangan Bayi (Janin) 12 Minggu

Inilah perkembangan bayi dalam rahim ibu dari minggu ke minggu pada trimester pertama:

Tahap 1 Pertumbuhan & Perkembangan  Bayi Usia 2 Minggu

Pertumbuhan bayi – Awal pertumbuhan bayi terjadi setelah masa haid yaitu terjadi sekitar selaam 2 minggu. Pada tahap ini seorang istri belum dikatakan hamil, walaupun periode minggu kedua selama dan setelah menstruasi dokter menghitung sebagai masa kehamilan 40 minggu. Pada tahap ini dokter akan menghitung Hari Perkiraan Lahir berdasarkan hari pertama menstruasi terakhir.

Penyatuan sel sperma dan sel telur akan membentuk zygote atau istilah lainnya sel tunggal kecil . Pada tahap ini zygote akan membentuk jenis kelamin, mata , rambut, panjang dan bentuk wajah dari sel tunggal. Zygote kecil ini umumnya disebit dengan blastocyte. Blastocyte pada hari ke 7 sampai ke 9 akan menempelkan dirinya ke dinding rahim seorang ibu dan disini plasenta mulai terbentuk.

janin
panduanibu.com

 

Tahap 2 Pertumbuhan & Perkembangan Bayi (Janin) Usia 3 Minggu

Janin bersama dengan otak akan resmi terebntuk, begitu juga dengan tulang belakang. Pada kondisi ini seluruh organ akan perlahan-lahan akan terbentuk. Jantung bersama dengan sistem peredaran darah lainnya akan berkembang dengan sangat cepat namun pada tahap ini kamu belum bisa mendengar suara detak jantung janin. Ketika jantungd an sistem peredaran darah lainnya sudah sempurna baru kemudian anda akan mendengar jantung berdetak dan organ lainnya mulai berfungsi.

Tahap 3 Pertumbuhan & Perkembangan Bayi Usia (Janin) 6 Minggu / 1 Bulan

Pada tahap ini pembuluh syaraf menuju otak hampir menutup karena pada masa ini ukuran bayi baru sekitar 0,8 inchi. Kamu akan mulai bahagia sebab bentuk wajah mulai dari mulut, telinga, jaringan tulang rusuk serta otor perlahan-lahan mulai berkembang. Kaki dan tangan sudah ada hanya saja tengkorak beum sempurna tetpai sistem syaraf yang mengedarkan cairan menuju tulang belakang sudah terebntuk.

Tahap 4 Pertumbuhan & Perkembangan BayiUsia (Janin) 8 Minggu

Tahap ini kamu akan semakinn bahagia, janin yang awalnya masih sperma akan mulai tampak struktur jari tangan dan kaki meskipun pada bulan kedua ini struktur jari tangan dan kaki masih menyatu antara satu dengan lainnya.

Organ yang sudah kelihatan tampak nyata yaitu siku, pergelangan tangan dan kaki, bagian wajah (mata, hidung, telinga, mulut, kelopak mata), sehingga dari itu para istri haru berhati-hati menjaga kandungannya.

Tahap 5 Pertumbuhan & Perkembangan  Bayi Usia (Janin) 9 Minggu / 2 Bulan

Pada minggu ke-9 perkembangan bayi dalam rahim, ukuran bayi anda hanya sekitar satu inci. “Ekor” janin di ujung tulang belakang menyusut dengan cepat membentuk puting, organ reproduksi dan kantung rambut. Organ tubuh seperti pankreas dan gallbladder juga sudah berkembang.

Tahap 6 Pertumbuhan & Perkembangan Bayi (Janin) 12 Minggu

Mendekati akhir trimester pertama perkembangan bayi dalam rahim ibu, organ-organ vital bayi sudah berkembang, ekor janin dan selaput di antara jari tangan dan kakinya juga sudah hilang. Tulangnya sudah terbentuk dan syaraf otaknya tersembul. Kelopak mata dan telinga bagian luar terbentuk dan “tunas gigi” nya mulai tumbuh. Bagian kelamin mulai terlihat dan plasenta anda sedang bekerja keras untuk memasok nutrisi untuk pertumbuhannya selama trimester kedua dan ketiga.

 

 

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan