4 Perkembangan yang Dialami Bayi Saat Usia 3 Bulan

www.pixels.com

Kita semua pasti sangat ingin mempunyai bayi, terlebih bagi suami istri yang baru saja melangsungkan pernikahan. Bahkan biasanya mereka sering banget memeriksa ke dokter kandungan, karena sudah tidak sabar ingin segera mendapat momongan.

Perjuangan kamu belum selesai di sini, kamu juga musti menjaga agar bayimu sehat dan bugar. Untuk menjaga kesehatan bayi nggak gampang loh ya, kamu harus tahu setiap perkembangan bayi kamu, karena setiap perkembangannya membutuhkan perlakuan yang berbeda.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang perkembangan bayi, tapi pembahasan kali ini kita batasi pada perkembangan bayi usia 3 bulan. Untuk perkembangan bayi selain usia 3 bulan bisa membaca artikel yang lain.
Pada usia 3 bulan, bayi sudah mulai sadar dengan sekelilingnya. Pada usia ini bayi juga sudah mempunyai jadwal tidur tetap, sehingga jadwal makan dan bermain bayi sudah mulai teratur.

Secara umum bayi usia 3 bulan mengalami perkembangan motorik, perkambangan normal sosial dan emosi, perkembangan pendengaran dan perkembangan penglihatan.

Berikut penjelasan lengkap tentang perkembangan bayi usia 3 bulan.

Perkembangan Motorik

Pada usia ini bayi mulai berusaha menggunakan kedua tangannya, baik untuk meraih ataupun menggenggam mainan. Bayi mulai memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain.

Perkembangan Normal Sosial dan Emosi

Emosi bayi mulai berkembang pada usia 3 bulan, ia sudah bisa tersenyum kepada orang yang dia senangi, senyumnya terkadang dibarengi dengan menggelegak pada waktu yang sama.

Kalau bayi sudah mencapa perkembangan tersebut, pastikan untuk menanggapi dan balas dengan senyum juga. Bayi juga akan menikmati bermain permainan tatap muka dengan orang tuanya. Misalnya, digelitik di bawah dagunya berulang kali.

Saat usianya menginjak 3 bulan, ia juga sudah bisa menanggapi secara positif saat orang lain menyentuhnya. Ia akan senang ketika digendong atau disentuh dengan lembut. Bayi sudah mulai memberikan senyum hangat dan tertawa.

bebelus
ysabetwordsmith.dreamwidth.org

Perkembangan Fungsi Pendengaran

Perkembangan otak bayi yang mengontrol pendengaran, bahasa dan bau berkembang pada usia ini. Bagian otak yang mengontrol pendengaran, bahasa dan bau  tersebut dinamakan lobus temporal.

Pada usia 3 bulan ini. bayi akan tersenyum  saat mendengar suara orang tuanya, atau bahkan mulai mengoceh. Ketika bayi mendengar suara orang tuanya, dia mungkin melihat orang tuanya dan mengerang karena ingin berbicara.

Jika dia terlihat tidak memperhatkan orang yang menggendongnya atau sering melihat sekelilingnya, itu belum tentu karena dia tidak bisa mendengar, mungkin saraf pendengarannya belum sempurna.

Perkembangan Fungsi Penglihatan

  • Ada banyak kemajuan dalam penglihatan bayi, seperti ketajaman visual yang lebih baik dan mata mereka mulai bergerak. Usia ini mata bayi sudah bisa mengikuti objek bergerak yang dilihatnya.
  • Warna cerah dan ceria akan membantu merangsang perkembangan penglihatan bayi. Jadi kalau penglihatan bayi kamu ingin cepat berkembang, ganti perbanyak variasi warna cerah dalam tempat tidurnya.
  • Pada tahap ini bayi sudah mulai belajar untuk mengalihkan pandangan mereka ke satu objek tanpa memindahkan kepala, dalam artian mata mereka sudah bisa mengikuti objek bergerak. Pada tahap ini mata bayi juga lebih sensitif terhadap cahaya, jadi pastikan sedikit meredupkan lampu ketika di dalam kamar bayi.
perkembangan bayi 3 bulan
www.babygaga.com

Tips Stimulasi

Kita sudah membahas detail perkembangan yang dialami bayi saat usianya sudah 3 bulan. Namun ada beberapa bayi yang terlambat mengalami perkembangan, sehingga perlu dirangsang.

Untuk merangsang perkembangan penglihatan usia bayi 3 bulan, kita bisa menambahkan jenis barang baru ke kamar atau sering mengubah lokasi ayunan atau berbagai perabot yang ada di dalam ruangan kamar bayi.

Untuk merangsang pendengaran bayi bisa dengan sering berbicara dan bercanda dengan bayi.

Itulah beberapa perkambangan bayi usia 3 bulan, semoga menambah wawasan kita tentang tumbuh kembang bayi.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan