7 Tips Dekorasi Kamar Anak untuk Mengasah Kecerdasan Sejak Dini

dekorasi ruangan kamar anak

DEKORASI KAMAR ANAK – Kamar tidur adalah suatu ruangan yang begitu privasi untuk siapapun, salah satunya untuk anak. Di dalam ruangan itulah anak banyak menghabiskan waktu seperti untuk belajar, bermain dan tidur. Sebaiknya Anda memberikan perhatian yang berlebih ketika membuatkan kamar anak. Gunanya supaya si Kecil bisa mendapatkan kesempatan belajar terbaik melalui beragam barang atau hiasan yang terdapat pada kamarnya.

Dan pula jangan meremehkan dalam hal pemilihan kombinasi bentuk, ukuran dan warna barang yang terdapat pada kamar anak. Dikarenakan meski terlihat sederhana untuk orang dewasa, tetapi ketiga hal itu begitu berpengaruh terhadap proses awal pengenalan anak akan warna, bentuk serta sensor motoriknya. Berikut ini beberapa tips yang patut Anda coba guna meningkatkan keindahan dan kenyamanan kamar anak.

1. Kombinasi Warna

kombinasi warna dekorasi kamar anak
https://dekorrumah.net

Mungkin Anda sudah mengetahuinya, bahwa kombinasi warna dalam kamar anak memiliki pengaruh atas tingkat kecerdasannya. Sejak usia 40 hari, kemampuan visual anak bisa dilatih dikarenakan kurang lebih 74% pengetahuannya didapatkan dari kemampuan visual serta perkembangan auditori visualnya. Hal tersebut adalah pintu gerbang dalam mengembangkan fungsi intelektual anak.

Namun janganlah lupa untuk tetap memberikan perhatian pada estetika dalam mengkombinasikan warna dalam kamar anak. Anda pun bisa menambahkan beberapa hiasan bunga artificial dengan berbagai warna yang tepat untuk membuat kamar anak menjadi lebih indah dan ceria. [ Baca Juga: Jual Bunga Plastik Grosir ]

2. Furniture yang Ramah untuk Anak

furniture kamar anak
http://furniturehellokitty.com

Furniture yang ramah untuk anak yaitu furniture yang khusus dibuat untuk anak, mulai dari material yang aman dan ukurannya. Ditinjau dari sisi ukuran, terdapat beberapa macam furniture yang sengaja dibuat untuk anak dengan pertimbangan ketinggian furniture contohnya laci penyimpanan, meja, kursi dan sofa.

Apabila Anda menginginkan untuk menambah sofa di dalam kamar anak, tambahkanlah sofa dengan jenis upholstery supaya tidak membahayakan ketika anak mengantuk serta memanfaatkan bean bagi guna lebih nyaman dan aman.

Disamping itu, Anda pun dapat menambahkan tenda mainan anak, fungsinya agar memberikan privasi bagi Anak yang sudah cukup besar ataupun guna melatih bermain role model. Tenda mainan anak juga memiliki fungsi untuk menambahkan kesan indah pada ruangan.

3. Beri Tambahan Karpet dan Pengaman Lainnya

karpet pengaman anak
tokopedia.com

Keamanan merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan harus senantiasa diperhatikan oleh orang tua. Maka dari itu Anda harus lebih memastikan bahwa seluruh hal yang berada di ruangan anak tidak membahayakan. Anda dapat menambahkan karpet yang memiliki kualitas terbaik supaya anak tak mudah terantuk, atau beri tambahan pengganjal pintu kamar supaya anak Anda tak terjepit pintu serta peralatan keamanan anak lainnya.

4. Galeri Dinding

galeri foto dinding
http://www.griyamedia.com

Pertumbuhan si Kecil memang sangatlah cepat, tentunya Anda tak menginginkan setiap tahapannya berlalu begitu saja. Maka dari itu Anda harus mengabadikan setiap momen pertumbuhannya dengan menggunakan video dan foto. Anda dapat memanfaatkan foto-foto itu sebagai penghias dinding kamar serta dapat mengkombinasikannya dengan sebuah galeri foto.

5. Dekorasi Ruangan

dekorasi ruangan kamar anak
http://desainrumahid.com

Anda dapat menambahkan berbagai macam aneka dekorasi ruangan yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak harus terlalu ramai, pastikanlah ruang kamar anak tersebut tidak akan membahayakan anak Anda, contohnya tempat pakaian yang kotor atau kotak penyimpanan yang memiliki macam bentuk dan warna. Kotak penyimpanan ini bisa dipakai untuk menyimpan mainan, si kecil pun bisa melatih fokusnya serta belajar tentang tanggung jawab.

6. Menambahkan Sticker

sticker dinding kamar
id.aliexpress.com

Cara ini adalah salah satu cara yang cukup sederhana dalam memperkenalkan anak pada berbagai macam bentuk. Anda bisa menambahkan sticker beraneka warna dengan figur favoritnya. Anda pun dapat memberikan sticker di dinding sebagai pengukur pertumbuhan tinggi sang anak.

Tambahkan pula sticker yang bisa dilepas serta dipasang di bagian cermin, sehingga sang anak dapat bermain sticker di area tersebut guna melatih koordinasi mata serta tangan dan sensor motoriknya.

Kenyamanan serta keamanan merupakan hal yang paling utama dalam mendesain sebuah ruangan, terutama dekorasi kamar anak. Dengan memilih kombinasi warna serta furnitur yang tepat, dapat membantu sang anak dalam mengembangkan fungsi intelektual dan mengasah kecerdasan.

 

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan