Jenis-jenis Durian yang Enaknya Menggoyang Lidah, Berikut Inilah Jenisnya

Jenis-jenis Durian – Meski ada yang tidak menyukai baunya, namun tak sedikit yang menyukainya. Bahkan tergila-gila dengan rasa manis yang dihasilkan oleh buah dengan ciri khas kulit berduri ini. Durian adalah sejenis buah yang sangat banyak diminati di dalam negeri.

Jenis-jenis Durian

Mungkin Anda berpikir bahwa durian tidak memiliki banyak jenis atau hanya ada satu jenis, yang hanya dijual di pasaran saja. Ternyata, jenis buah durian cukup banyak, Anda tahu. Bahkan Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki varietas durian paling banyak. Inilah jenis durian asli dari Indonesia.

 

1. Sun Durian

Durian yang berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat adalah buah durian yang memiliki bentuk bulat hijau kecoklatan dengan ketebalan sekitar 0,5-1 cm. Durasinya besar, runcing, jarang dan sedikit membungkuk.

Buahnya kental, kering, berlemak, manis dengan tekstur yang halus dan aromanya cukup tajam. Sayangnya, buah durian jenis ini tidak tahan terhadap serangan penggerek dan penyakit busuk akar.

 

2. Durian Mimang

Durian Mimang adalah buah yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian memiliki kulit khas yang tampak kempis.

Jika dibukanya, ia akan menemukan buah durian yang memiliki ketebalan sekitar 2-3 sentimeter dari biji. Selain itu, buah Durian Mimang sangat manis dan legit pernah memenangkan juara 2 di kontes durian se-Asia Tenggara.

 

 

3. Durian Montong

Durian salah satu jenis durian yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan untuk harga jual bibit durian montong sendiri, dijual dengan harga yang cukup mahal jika dikurskan dalam Rupiah. Buah asli Borneo memiliki ciri khas daging yang cukup besar dengan rasa manis dan juga harum harum saat dibuka.

Selain itu, ciri khas lainnya tidak bulat, namun sedikit oval dengan tidak teratur. Saat siap dipetik, Durian Montong bisa menimbang kurang lebih 13 kilogram.

4. Durian Candimulyo

Durian Candimulyo atau yang lainnya bernama Durian Candy adalah sejenis durian yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Merek dagangnya berukuran cukup besar dan biji dalam buahnya kecil. Hal yang tidak seimbang bukan.

Untuk jenis-jenis durian, rasa buah Durian Candimulyo adalah perpaduan antara manis dan sedikit pahit atau pahit. Jadi saat Anda memakannya, jangan berharap untuk mendapatkan rasa manis pada semua buah yang juga besar.

5. Durian Bokor

Jenis durian ini berasal dari Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat. Durian Bokor resisten terhadap penyakit busuk akar, namun tidak cukup kuat untuk menyerang hama. Ciri Durian Bokor memiliki bentuk kehijauan sedikit kekuningan dan tulang belakang berbentuk kerucut yang langka.

Dagingnya memiliki ketebalan medium dan berwarna kuning, dan memiliki tekstur halus atau tidak berserat. Rasa buahnya sangat manis dan harumnya menyengat.

6. Durian Petruk

Bisa dikatakan Durian Petruk adalah kombinasi Durian Montong dengan Durian Candimulyo, karena bentuknya yang oval dan rasanya yang setengah manis dan pahit jika dirasa. Durian yang memiliki nama latin Durio Zybethinus Cultivar Petruk juga memiliki aroma yang tajam seperti Durian Montong.

Jenis-jenis durian asli Jepara, Jawa Tengah, ini adalah salah satu bibit unggul durian yang sangat dicintai petani durian. Ini karena dagingnya tidak empuk dan tebal, dan biji kecil.

 

7. Durian Ajimah

Durian Ajimah juga dikenal sebagai Durian Bung Karno atau Durian Sukarno. Ini karena jenis ini sangat populer oleh presiden pertama Indonesia. Durian yang berasal dari Ciomas, Bogor, memiliki ciri khas kulit tipis yang jarang dan jarang, dan kulitnya agak hijau agak abu-abu.

Daging di dalamnya berwarna kuning muda dan terkesan kering, dan memiliki tekstur berserat. Meski didominasi oleh warna-warna manis, namun ada sedikit pahit yang akan terasa di lidah saat Anda memakannya.

 

8. Durian Lay

Durian Lay adalah sejenis durian yang berasal dari lereng bukit di pedalaman Kalimantan Tengah. Ciri khas buah ini adalah untuk memiliki warna buah jeruk pucat sedikit dengan rasa manis seperti ubi jalar, tapi kurang legit dan dagingnya tebal dan memiliki kandungan alkohol sedikit di dalamnya.

Aromanya juga tidak menyengat. Selain Kalimantan Tengah, jenis-jenis durian Lay juga bisa ditemukan di Kalimantan Timur. Buah yang satu ini juga dibesarkan di Queensland, Australia.

9. Durian Bawor

Jika Anda ingin membeli Durian Montong, maka itu harusnya benar-benar mengenal merek dagangnya. Karena Anda bisa membeli salah pada penjual yang mengatakan bahwa durian yang dia jual adalah Durian Montong.

Ini karena ada satu jenis durian yang menyerupai Durian Montong Kalimantan, yaitu Durian Bawor berasal dari jenis-jenis Durian Banyuwangi, Jawa Timur.

Durian satu memiliki karakteristik yang mirip dengan Durian Montong Borneo, buahnya manis dan tebal dan bijinya relatif kecil. Durian Bawor sendiri juga memiliki 2 jenis lainnya, yaitu Durian Bhinneka Bawor yang merupakan hasil persilangan dan Durian Bawor Legged Four.

10. Durian Bubur

Durian pulp adalah sejenis durian yang berasal dari Brongkol, Semarang, Jawa Tengah. Merek dagangnya berbentuk bulat dan memanjang dengan paku tajam di sekitar kuning kehijauan.

Buahnya manis, besar, tebal, padat, tebal dan harum dan dalam satu pors atau bagian ada 1-5 bagian di dalamnya. Ukurannya cukup besar atau sekitar 4-5 pon jika sudah siap panen.

Selain daftar jenis durian di atas, masih banyak lagi jenis-jenis durian lain yang tentunya tidak begitu banyak didengar oleh masyarakat Indonesia. Hmm jadi mau makan durian mana nih.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *