Masjid Terapung Haji Ali Dargah India

Meskipun India telah dikenal sebagai Negara dengan penduduk mayoritas beragama hindu, namun ternyata di sini juga terdapat masjid yang sangat indah yang ada di kota Mumbai. Salah satu masjid indah yang ada di Mumbai adalah masjid Haji Ali Dargah. Masjid ini termasuk masjid terapung yang ada dipulau kecil tepat berada ditengah laut Arab.

Bukan Cuma ada bangunan masjid di sini karena ada makan seorang ulama besar yang berjasa dalam penyebaran agama islam di India. Beliau bernama Pir Haji Ali Shah Bukhari. Asal ulama ini ialah dari Bukhara.

Selain itu, makam ulama yang berjasa ini juga telah dinaungi oleh sebuah bangunan berbahan marmer disertai 8 pilar peyangganya yang terbuat dari marmer pula. Sementara diatas makam juga ditutup oleh kain sari warna merah dengan hijau. Kain sari tersebut juga telah dibordir potongan ayat alqur an. Biasanya banyak peziarah yang datang dan mencium kain sari ini sebagai penghormatannya terhadap ulama ini.

Banyak sekali para peziarah yang berkunjung ke masjid ini untuk beribadah sekaligus untuk berziarah ke makam ulama besar ini. Peziarah yang berkunjung ke masjid ini mencapai 10-15 ribu jamaah dalam setiap harinya. Sementara untuk hari kamis, jumat, maupun hari minggu, jumlah pengunjung masjid ini bisa mencapai 2 kali lipat dari biasanya.

Bangunan masjid ini juga merupakan bangunan masjid yang sangat suci. Sekaligus menjadi landmark bagi kota Mumbai ini. Pada proses pembangunan yang dilakukan tahun 1431 silam telah menjadikan bangunan masjid ini sangat indah dan hanya dilakukan 2 kali renovasi. Yakni pada tahun 1960 dengan 1964.

Luas bangunan masjid ini sekitar 4500 meter persegi dengan tinggi mencapai 25 meter. Terdapat sebuah area yang bernama Qawwal khana di masjid ini. Area ini adalah sebuah tempat yang digunakan oleh peziarah untuk berkumpul dengan sanak saudaranya sebelum masuk dalam area makam.

Ada keunikan tersendiri yang diperlihatkan oleh masjid Ali dargah ini. Salah satunya ialah karena masjid ini berada di atas pulau kecil ditengah lautan arab, dan lokasinya tak jauh dari pantai Mumbai. Selain itu, jika masjid ini dijangkau dari daratan Mumbai, maka anda bisa melalui jln. Lala Lajpat Rai berbahan beton.

Jika anda lihat dari bahan materialnya, maka masjid ini dibuat dari bahan marmer makrana. Yakni sebuah marmer yang serupa pada bangunan taj mahal di india. Masjid ini juga telah dihiasi dengan bangunan pilar berbahan marmer yang sangat artistic. Terdapat pula hiasan tulisan kaligrafi, hiasan kaca dan juga pola kaleidoskopik. Sedangkan di masjid ini juga terdapat menara yang sangat kokoh sehingga mampu mempercantik bangunan Masjid Ali Dargah ini.

Bangunan kubah masjid ini hanya terdiri atas satu kubah induk saja. Warna yang dipilih untuk kubah masjid ini juga berwarna putih yang menyesuaikan dengan warna masjid yang ada dibawahnya. Jenis kubah yang ada di masjid ini juga banyak anda jumpai di masjid masjid di tanah air. Banyak masjid tanah air yang menggunakan kubah seperti di masjid ini berbahan material beton.

Jenis kubah ini memang terlihat sangat kokoh apalagi ketahanannya juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena kubah beton ini mampu bertahan hingga puluhan tahun. Untuk perawatan setiap tahunnya juga lebih hemat. Inilah sebabnya banyak masjid tanah air yang menggunakan kubah beton untuk memperindah bangunan masjidnya.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *