Mengapa Ikan Cupang Jantan Selalu Berkelahi

Jika Anda memelihara ikan cupang di rumah , kemungkinan Anda takut menyimpannya di dalam tangki akuarium hias bersama

Meskipun benar bahwa pertempuran ikan cupang adalah hal penting untuk dipertimbangkan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar ikan cupang (jantan) nggak berkelahi.

Sebelum Anda memutuskan tankmates apa yang terbaik untuk cupang Anda, ada baiknya Anda memahami perbedaan antara bettas jantan dan betina.

Mengapa mereka bertarung, dan hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba menjaga perdamaian.

Mengapa Ikan Betta Jantan Berkelahi Satu Sama Lain?

Di alam liar, para bettas menghabiskan musim hujan yang hidup di sungai-sungai besar dan sawah, tetapi itu tidak berarti mereka menghabiskan waktu mereka menjelajahi perairan terbuka.

Bahkan, di alam, wilayah cupang hanya sekitar tiga kaki persegi.

Perairan besar memberi bettas jantan banyak ruang untuk mengamankan wilayah mereka sendiri.

Ketika betta jantan yang lain terlalu dekat, mereka mungkin membusungkan insang dan menyebarkan sirip mereka untuk menegaskan dominasi.

Jika dua pria bertemu satu sama lain ketika mencari makanan, mereka dapat saling menggigit sampai salah satu dari mereka mundur.

Akuarium adalah lingkungan yang jauh berbeda, itulah sebabnya beberapa bettas jantan tidak dapat disimpan dalam tangki yang sama.

Karena mereka sangat teritorial dan tidak ada tempat untuk mundur, bettas jantan akan menggigit dan bertarung satu sama lain sampai mati.

Bettas jantan lagi akan berjuang untuk melindungi sarang dan telur mereka. Saat siap kawin, bettas jantan membuat sarang gelembung di permukaan air.

Jantan terus merawat sarang setelah mengusir betina pergi dan akan melawan per bettas yang dilihatnya sebagai ancaman bagi telur.

Apakah Ikan Betina juga akan Bertarung Satu dengan Lainnya ?

Ikan cupang betina dapat bersifat teritorial tetapi tidak rentan terhadap pertempuran seperti jantan. Bahkan, jika dilakukan dengan benar, Anda bahkan dapat menempatkan sekelompok betta betina dalam apa yang disebut tangki mahasiswi.

Untuk membuat tangki komunitas bettas betina, mulailah dengan akuarium tak kurang dari 10 galon untuk kelompok kecil.

Disarankan untuk menyimpan lima sampai tujuh ikan cupang betina dalam tangki 20 galon bersama. Pastikan Anda memiliki setidaknya tiga.

Jika Anda mencoba mempertahankan sepasang betina, seseorang akan mengambil peran dominan dan akan menggertak teman tanknya.

Sangat penting untuk memberikan bettas Anda banyak tempat untuk bersembunyi. Tanaman hidup sangat very best tetapi tanaman sutra lagi bekerja dengan baik.

Tambahkan gua dan kayu apung sehingga ada banyak tempat untuk bersembunyi. Per wanita harus dapat mengklaim space kecil tangki sebagai miliknya.

Sesuatu yang tidak disadari banyak orang adalah ikan memiliki kepribadian. Jadi, ada bettas wanita yang mungkin teritorial atau agresif.

Yang mengatakan, beberapa wanita akan kurang agresif daripada yang lain dan kadang-kadang membutuhkan tempat untuk bersembunyi.

Ketika kelompok pertama kali diperkenalkan ke tangki, mereka mungkin saling menggigit pada awalnya, tetapi begitu mereka menyelesaikan urutan kekuasaannya, semuanya akan beres.

Beberapa perkelahian sesekali adalah regular, tetapi ada baiknya untuk memiliki rencana B jika Anda seorang wanita yang terlalu agresif dalam grup. Dia harus dikeluarkan dan ditempatkan di tangki sendiri.

Apakah Ikan Cupang Jantan dan Betina Saling Bertarung?

Ikan cupang jantan sangat agresif dan akan melawan betina kecuali mereka mencari jodoh. Yang mengatakan, karena betina tidak seagresif, mungkin untuk menempatkan mereka bersama selama tangki bisa besar dan betina memiliki banyak tempat untuk bersembunyi.

Saat menempatkan pria dan wanita bersama, penting untuk mencari perilaku kawin. Ketika jantan telah siap, dia akan membangun sarang gelembung di permukaan air. Setelah betina bertelur, jantan biasanya mengejarnya sehingga dia tidak memakannya.

Bettas jantan lebih agresif saat melindungi sarang sehingga merupakan ide bagus untuk menghilangkan betina saat itu. Jika tidak, ada kemungkinan pria akan membunuhnya.

Bagaimana Cara Menghentikan Ikan Betta dari Pertarungan?

Jika Anda memiliki dua pejantan dalam akuarium bersama, Anda benar-benar tidak dapat menghentikan mereka dari perkelahian.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menyediakan banyak tempat bersembunyi untuk mereka yang kurang agresif. Ini bukan jaminan bahwa mereka tidak akan bertarung tetapi itu memberikan tempat yang aman untuk mundur.

Satu hal yang dapat Anda lakukan dalam situasi ini adalah menghapus yang paling tidak agresif dari keduanya dan mencoba menambahkannya ke tangki komunitas.

Dapatkan kotak pembiakan dan letakkan betta di dalamnya terlebih dahulu untuk melihat bagaimana ia bereaksi terhadap ikan lain dan bagaimana mereka bereaksi terhadapnya.

Dalam kasus tangki mahasiswi, jika Anda melihat satu atau dua ikan lebih agresif, mereka harus dikeluarkan dari kelompok.

Teman Yang Cocok Untuk Ikan Cupang di Akuarium

Sekarang, berikut adalah beberapa teman tank terbaik untuk ikan cupang :

1. Siput Zebra

Jika Anda mencari sesuatu untuk disimpan dengan cupang dan Anda hanya memiliki tangki kecil, siput zebra adalah pilihan yang bagus.

Mereka tidak berkembang biak dengan cepat dan gampang seperti siput lainnya dan membantu memakan ganggang dan kotoran lainnya dari tangki. Plus, mereka damai dan gampang dirawat.

2. Guppy Pengumpan

Untuk betta yang tidak terlalu agresif, guppy pengumpan dapat bekerja dengan baik. Mereka kecil dan dapat bersembunyi dengan gampang di lingkungan yang tepat dan pewarnaannya yang kosong tidak akan menarik perhatian betta. Plus, mereka tidak menggigit sehingga mereka akan meninggalkan sirip cupang Anda sendirian.

3. White Cloud Minnows

Bettas dan kepik awan putih bekerja dengan baik karena mereka berasal dari lingkungan asli yang sama dan menyukai jenis air dan makanan yang sama.

Mereka tidak akan menggigit sirip cupang dan cupang tidak akan melihat mereka sebagai ancaman.

4. Ember Tetras

Ikan yang damai ini tunduk dan tidak akan mencoba untuk menggigit sirip cupang. Ditambah lagi, warnanya yang kusam tidak akan menarik perhatian betta.

Jika cupang Anda menjadi agresif, mereka kecil dan bisa cepat untuk melarikan diri dan bersembunyi dengan cepat.

5. Harlequin Rasboras

Ini adalah salah satu tankmates terbaik untuk ikan cupang karena mereka secara alami ada bersama di alam. Mereka berbagi habitat dan pola makan yang sama plus mereka memiliki sifat yang tidak agresif. Kemungkinannya adalah cupimu tidak akan melihatnya sebagai ancaman.

6. Pygmy Cory

Pygmy Cories adalah spesies lele cory terkecil. Mereka pada dasarnya damai dan suka berada dalam kelompok tiga atau lebih.

Karena mereka adalah pengumpan terbawah, mereka umumnya menghindari betta. Bahkan, dengan tempat persembunyian yang bisa, cupang Anda mungkin tidak tahu mereka ada di sana.

Kesimpulan

Ini benar-benar dapat dimengerti jika Anda ragu-ragu untuk memasukkan betta dalam tangki komunitas karena reputasi mereka untuk bertarung. Yang mengatakan, tahu bahwa itu benar-benar mungkin untuk memelihara cupang dengan ikan lain.

Bettas jantan adalah teritorial dan akan saling bertarung. Bahkan, jika mereka dibiarkan bersama dalam tangki kecil dengan banyak ruang terbuka dan tempat untuk bersembunyi, mereka akan bertarung sampai mati.

Bettas lagi mungkin agresif terhadap ikan lain dengan warna-warna cerah dan sirip panjang yang dapat disalahartikan sebagai betta jantan.

Untuk memiliki tangki komunitas yang damai yang mencakup cupang jantan, pastikan ada bisa ruang bagi cupang Anda untuk merasa seperti memiliki wilayahnya sendiri. Anda lagi harus menyertakan banyak tanaman, dekorasi, dan gua untuk betta Anda dan ikan lainnya untuk pergi ketika mereka perlu merasa aman.

Memilih ikan yang tepat adalah kuncinya. Ikan yang tenang dan damai dengan pewarnaan polos adalah yang terbaik. Betta biasanya tidak melihat mereka sebagai ancaman dan mereka cenderung menghindar.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *