Panduan Berlibur di Yogyakarta (edisi lengkap)

Jika Jakarta adalah ibukota politik dan moneter Jawa, maka Yogyakarta adalah jiwa budaya. Itu duduk di situs arkeologi Indonesia yang paling penting – Borobudur dan Prambanan – dan merupakan salah satu daerah di negara ini tetapi diperintah oleh sultan.

Namun, Anda tidak perlu pergi ke Borobudur untuk melihat seberapa jauh metropolis berdiri dalam tradisi dan tradisi Jawa. Hanya berjalan-jalan di sepanjang Jalan Malioboro dan Anda juga akan mengerti maksud saya. Di kedua sisi ada banyak pengecer mempromosikan batik, karya seni klasik dan dihiasi Indonesia. Berjalan-jalan dan Anda akan menemukan lebih banyak lagi di Pasar Beringharjo, serta contoh kelas atas di berbagai fasilitas seni dan lokakarya di seluruh kota.

Bagi mereka yang berada di Yogyakarta pada hari Sabtu, maka Anda dapat pergi ke Istana Kerajaan untuk mempersembahkan pertunjukan boneka, boneka wayang konvensional yang diiringi oleh ansambel musik yang sering dikenal sebagai ansambel. Bagi mereka yang menyukai sesuatu dalam skala yang lebih besar, maka Anda mungkin tertarik pada Balet Ramayana, gambaran yang jelas tentang epos Ramayana.

Ini dilakukan di berbagai tempat di seluruh kota, meskipun tidak bisa lebih mengesankan daripada di Prambanan.

Habiskan beberapa hari di sini dan Anda juga akan menemukan cara ke Yogyakarta untuk melestarikan ritual dan tradisi. Dalam beberapa hal, itu seperti penjaga tradisi Jawa yang bersejarah.

WAKTU TERBAIK UNTUK PENGUNJUNG

Seperti negara tetangganya di Asia Tenggara, Indonesia memiliki dua musim – basah dan kering. Musim kemarau biasanya dari April hingga Oktober sehingga Anda berpikir tentang waktu terbaik untuk pergi. Namun, saya telah belajar bahwa masih mungkin untuk pergi ke Yogyakarta selama musim hujan karena hujan sepanjang malam.

APR-OCT: Seperti dijelaskan, ini adalah musim kemarau di Yogyakarta dan biasanya dianggap sebagai salah satu waktu terbaik untuk pergi. Juni hingga September adalah bulan terkering. Suhu konstan sepanjang tahun, jadi yang terbaik adalah pergi ke putaran kali ini untuk mereka yang bisa.

NOV-MAR: Hujan di Yogyakarta. Ini adalah bulan terkering dan bulan terbasah dari Desember hingga Maret, dengan curah hujan bulanan 15 hari.

JALAN MENUJU YOGYAKARTA

Yogyakarta terletak di selatan Jawa Tengah. Kami tiba di sini dari Bandung sehingga kami membutuhkan waktu 8 jam sehari untuk bersiap-siap ke Yogyakarta, tetapi ada banyak cara untuk sampai di sana tergantung tempat. Untuk tujuan informasi ini, saya akan menjelaskan cara mudah untuk sampai ke Yogyakarta dari lokasi wisata utama Jakarta, Bandung, dan Bali.

Dari Jakarta

OLEH PLANE

Beberapa rute udara dengan Lion Air dan AirAsia menyediakan penerbangan langsung dari Jakarta ke Yogyakarta. Penerbangan memakan waktu satu jam. Jika Anda perlu memesan saklar pribadi dari bandara ke resor Anda, maka Anda dapat melakukannya dengan Klook.

DENGAN LATIHAN: Bagi mereka yang tidak tergesa-gesa, ini berbeda dari bepergian dengan menyediakan. Secara pribadi, kami lebih suka kereta di penerbangan. Lingkungan lebih sehat dan lebih murah. Persiapan dari Jakarta ke Yogyakarta membutuhkan waktu delapan jam sehingga Anda dapat melakukan persiapan satu hari jika diinginkan. Anda dapat memesan tiket di ticket.com yang kami gunakan untuk memesan perjalanan Anda dari Jakarta ke Bandung, Bandung ke Yogyakarta.

OLEH BUS

Kemungkinan ketiga adalah menggunakan bus yang membutuhkan waktu lebih lama daripada kunjungan untuk menyediakan sekitar 9 jam. Anda dapat memesan tiket bus melalui 12Go Asia.

Dari Bandung

OLEH PLANE

Rupanya, hanya ada satu maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan langsung dari Bandung ke Yogyakarta, dan itulah Lion Air. Penerbangan memakan waktu satu jam. Jika Anda perlu memesan saklar pribadi dari bandara ke resor Anda, maka Anda dapat melakukannya dengan Klook.

OLEH PELATIHAN

Seperti dijelaskan, itulah bagaimana kami tiba di Yogyakarta. Kami berangkat dengan suplai delapan hari yang membawa kami ke Yogyakarta pada pukul 3:30 pagi, tepat pada waktunya untuk menangkap fajar dari Bukit Barede. Anda dapat memesan tiket Anda di tickets.com.

OLEH BUS

Sepertinya Anda mungkin bepergian dari Bandung ke Yogyakarta dengan minibus secara efektif. Dibutuhkan kurang dari 7 jam dan Anda akan memesan tiket dengan 12Go Asia.

Dari Bali

DENGAN PENERBANGAN

Hanya beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan langsung dari pulau Bali ke Yogyakrta, dengan AirAsia dan Lion Air. Penerbangan ini memakan waktu sekitar satu setengah jam. Jika Anda perlu memesan saklar pribadi dari bandara ke resor Anda, maka Anda dapat melakukannya dengan Klook.

OLEH BUS

Sebagai hasil dari pulau Bali dan Jawa yang dipisahkan oleh Samudra Hindia, saya pikir salah satu solusi untuk sampai ke Yogyakarta dari Bali adalah melalui udara. Ternyata, Anda dapat bepergian dengan bus secara efektif. Tidak ada jembatan jadi saya berasumsi bahwa papan bus menyeberangi lautan lebih awal dari pada untuk sampai ke Yogyakarta. Semua perjalanan memakan waktu sekitar 11 jam dan 30 menit dan dapat dipesan oleh 12Go Asia.

Saya hanya menawarkan pilihan transportasi ke Yogyakarta dari Jakarta, Bandung, dan Bali, tetapi bagi mereka yang berasal dari tempat lain, Anda dapat mencoba 12Go Asia untuk menemukan rute terbaik yang tersedia untuk Anda. Anda dapat mengklik hyperlink atau menggunakan widget di bawah ini.

TEMPAT UNTUK MENGUNJUNGI

  1. Candi Borobudur

Bersama dengan Prambanan, Borobudur mungkin merupakan pemandangan paling spektakuler di daerah tersebut dan mungkin merupakan alasan utama mengapa orang pergi ke Yogyakarta. Ini adalah candi Budha terbesar di dunia, berdiri setinggi 113 kaki dan terdiri dari 9 platform yang diatur di atas oleh kubah pusat. Di sekitar kubah pusat ini terdapat 72 patung berbentuk lonceng, masing-masing berisi patung Buddha duduk.

Borobudur sebenarnya bukan di Yogyakarta. Terletak di Magelang, sekitar dua jam di utara Yogyakarta, sehingga orang yang tinggal di kota metropolitan sering melakukan tur sehari-hari atau konstitusi mobil umum. Kami membuat yang terakhir.

Kami tiba pada pukul 3:30 pagi dan menghabiskan sepuluh jam berikutnya mengunjungi Bukit Barede, Borobudur, Bukit Rhema, dan Prambanan lebih awal daripada dijatuhkan di resor kami. Anda dapat memesan konstitusi bebas mobil 10 jam dengan Klook atau Get Your Guide.

Baca juga : makanan khas Yogyakarta di guragarut

Tiket masuk ke Borobudur adalah USD 25 tetapi Anda akan mendapatkan diskon jika Anda membeli tiket campuran. Kami membeli umpan silang Borodubur-Prambanan dengan harga USD 40. Anda harus membelinya di pintu masuk atau depan oleh borobudurpark.com.

Bagi mereka yang baru saja mengikuti tur, Anda pasti akan menemukan banyak pilihan di Klook dan Get Your Guide. Ada wisata untuk Borobudur saja, untuk Borobudur dan Prambanan dicampur, untuk fajar, untuk matahari terbenam, dan banyak lagi.

  1. Candi Prambanan

Seperti Borobudur, Prambanan mungkin adalah salah satu situs web yang paling banyak dikunjungi di Yogyakarta. Tetapi tidak seperti Borobudur yang merupakan candi Budha yang terdiri dari 1 bangunan besar, Prambanan adalah candi Hindu kompleks yang terdiri dari sejumlah besar candi pribadi. Sebagian besar masih dilanda gempa, tetapi candi terbesar dan terpenting telah dipugar sepenuhnya. Saya suka Borobudur tetapi saya menemukan Prambanan lebih spektakuler secara visual.

Prambanan terletak sekitar satu jam di sebelah timur Yogyakarta. Seperti Borobudur, sebagian besar orang pergi ke Prambanan dengan tur sehari penuh atau dengan mobil umum. Kami melanjutkan konstitusi mobil non-publik 10 tahun yang dapat Anda pesan dengan Klook atau Get Your Guide.

Seperti Borobudur, tiket masuk ke Prambanan adalah USD 25 tetapi Anda akan mendapatkan diskon jika Anda membeli tiket campuran di pintu masuk atau di muka oleh borobudurpark.com. Kami membeli tiket campuran Borodubur-Prambanan dengan harga USD 40.

Bagi mereka yang baru saja mengikuti tur, Anda pasti akan menemukan banyak pilihan di Klook dan Get Your Guide.

  1. Boko Queen

Saya telah merencanakan untuk mengunjungi Ratu Boko di konstitusi mobil non-publik kami, tetapi kami telah “merawatnya” setelah Borobudur dan Prambanan sampai kami bertekad untuk melewatinya. Ratu Boko mungkin adalah situs arkeologi terpenting ketiga di Yogyakarta. Berbeda dengan dua sebelumnya, itu bukan situs spiritual tetapi sebuah istana. Dinamai sesuai dengan legenda cerita rakyat Jawa meskipun tidak jelas siapa sebenarnya istana itu.

Queen Boko terletak sekitar tiga kilometer selatan Prambanan sehingga Anda dapat pergi ke salah satu perjalanan yang sama. Seperti Borobudur dan Prambanan, tiket masuk ke Boko Queen adalah USD 25 tetapi Anda akan mendapatkan diskon jika Anda membeli tiket campuran di pintu gerbang atau dibuka oleh borobudurpark.com. Anda bisa mendapatkan Ratu Boko-Borobudur atau Ratu Boko-Prambanan dengan harga USD 40. Tampaknya mereka tidak memberikan salib campuran untuk ketiganya.

Jika situs arkeologi adalah faktor Anda, maka hanya ada beberapa reruntuhan yang berbeda di sekitar Prambanan dan Boko Queen yang dapat Anda temukan secara efektif.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *