Pernah Dengar Tentang Peccary atau Skunk Pig? Yuk Ketahui Infonya!

Peccary berkerah, juga dikenal sebagai lembing, terlihat sangat mirip babi tetapi mereka benar-benar milik keluarga mamalia khusus. Mantel kasar mereka adalah warna “garam dan lada” dengan sentuhan kuning di pipi. “Kerah” putih yang beroperasi di bahu dan leher mereka memberi mereka identitas mereka.

Peccary berkerah memiliki kepala besar, berbentuk bulat telur dan moncong datar. Mereka memiliki gading yang tajam dan lurus yang cocok secara kolektif. Kaki mereka tampak ramping di bawah tubuh kami yang proporsional. Pecahan-pecahan berkerah dapat berkembang hingga panjangnya 3. Tiga kaki (satu meter) dan beratnya 66 kilogram (30 kg).

1. Anatomi Peccary

Spesies yang benar-benar sosial, pecahan berkerah membuat cukup banyak suara – menggonggong, mendengus, mendengkur, guk dan batuk – sebagai akibat dari mereka yang kuat mendengarkan betapapun miskin imajinatif dan masa depan dan dengan demikian bergantung pada vokalisasi untuk berbicara dengan satu lain.

Makhluk bau ini umumnya dikenal sebagai “babi kesturi” karena bau yang mereka keluarkan dari kelenjar yang diposisikan pada pantat mereka dan dekat dengan mata mereka. Mereka menggunakan aroma ini untuk mengakui anggota kawanan yang berbeda dan untuk menandai wilayah mereka.

Ketika diancam, mereka lari dan berpencar. Pada kejadian-kejadian yang tidak biasa, mereka mungkin berdiri bersama secara defensif, membenturkan gigi mereka yang menakutkan setelah biaya yang dikeluarkan. Bahkan predator besar seperti coyote bisa merasa takut!

2. Habitat Peccary

Pecahan berkerah ditemukan di Amerika Serikat bagian selatan (Arizona, Texas dan New Mexico) dan semua melalui Amerika Tengah hingga Argentina utara. Mereka tinggal di hutan hujan tropis selain di AS, tempat mereka tinggal di habitat gurun. Pecahan berkerah memiliki hubungan sosial yang sangat tertutup dan tinggal dalam kawanan hirarkis dari 5 hingga 15 anggota.

Mereka tidak dapat menghadapi suhu yang sangat dingin agar mereka meringkuk bahu-membahu di dalam gua atau selungkup yang sebanding untuk mempertahankan panas. Betina memberikan pengiriman ke 1 hingga 3 lebih muda, menghindari kawanan untuk cepat atau lambat setelah itu jangan sampai satu anggota kawanan lainnya memakan yang lebih muda.

Tertarik oleh pemberian makanan, beberapa ternak telah pindah ke daerah kota.

3. Makanan Peccary

Pecahan berkerah menggunakan hidung halus mereka untuk membasmi makanan dari bawah tanah, bersama dengan umbi, umbi, kacang-kacangan dan buah-buahan. Perut mereka yang rumit memungkinkan mereka untuk makan makanan yang dikunyah dengan buruk yang kaya akan selulosa.

Meskipun mereka terutama herbivora, beberapa orang menganggap mereka memakan serangga, ular, dan hewan yang berbeda. Di gurun, peccari berkerah makan terutama kaktus agave dan pir berduri, yang memiliki bahan kadar air yang berlebihan.

4. Terancam Punah

Selama ratusan tahun, pecahan berkerah telah menjadi persediaan daging yang penting bagi orang-orang di Amerika Tengah dan Selatan. Di Amerika Serikat bagian barat daya, mereka diburu untuk olahraga. Kucing liar adalah predator murni esensial mereka.

Namun demikian, tindakan-tindakan ini memiliki pengaruh kecil pada populasi pecahan berkarpet dibandingkan dengan hilangnya habitat untuk pertanian, padang rumput dan perkembangan manusia. Petani yang kesal membuat aplikasi pemusnahan uang tunai berkerah untuk menjaga tanaman mereka.

Sebelumnya, penjualan industri kulit dan daging mereka di pasar internasional mengurangi populasi mereka.

5. Karakteristik Peccary

Seorang peccary adalah hewan berukuran sedang, dengan kemiripan yang kuat dengan babi. Seperti babi, ia memiliki moncong yang berakhir di cakram tulang rawan, dan mata yang mungkin relatif kecil terhadap kepalanya.

Selain itu seperti babi, ia hanya menggunakan pusat dua digit untuk berjalan-jalan, meskipun, tidak seperti babi, jari-jari yang berlawanan juga bisa sama sekali tidak ada. Perutnya tidak memamah biak, meskipun memiliki tiga kamar, dan lebih rumit daripada babi.

Peccary adalah omnivora, dan dapat memakan serangga, belatung, dan kadang-kadang hewan kecil, meskipun makanan mereka yang paling disukai termasuk akar, rumput, biji-bijian, buah-buahan, dan kaktus — buah pir yang sangat tajam. Babi dan peccary mungkin dibedakan oleh bentuk gigi taring, atau gading.

Pada babi Eropa, gading panjang dan kurva pada dirinya sendiri, sedangkan dalam peccaries, gading pendek dan lurus. Rahang dan taring biji-bijian dirancang untuk menghancurkan biji-bijian berat dan mengiris menjadi akar tanaman, mereka biasanya juga menggunakan gading mereka untuk bertahan dalam oposisi terhadap predator. Formulasi gigi untuk peccaries adalah:

  • 2.1.3.3
  • 3.1.3.3

Dengan menggosok gading bersama-sama, mereka dapat membuat suara gemeletuk yang memperingatkan calon pemangsa untuk tidak terlalu dekat. Dalam beberapa tahun terakhir di barat laut Bolivia di dekat Taman Nasional Madidi, sekelompok besar pecandu dilaporkan telah melukai atau membunuh orang secara serius.

6. Peccary Hewan Sosial

Peccary adalah hewan sosial, dan sering membentuk kelompok. Lebih dari 100 orang telah dicatat untuk kawanan tunggal pecccer berbibir putih, tetapi pecundang berkerah dan Chacoan biasanya membentuk kelompok yang lebih kecil. Perilaku sosial semacam itu tampaknya juga merupakan situasi di dalam pecahan-pecahan yang punah.

Peccary raksasa yang baru ditemukan (Pecari maximus) Brasil tampaknya kurang sosial, terutama hidup berpasangan. Peccary mengandalkan struktur sosial mereka untuk mempertahankan wilayah, melindungi terhadap pemangsa, mengatur suhu, dan berinteraksi secara sosial.

Peccary memiliki kelenjar aroma di bawah masing-masing mata dan lainnya di punggung mereka, meskipun ini diyakini belum sempurna di P. maximus. Mereka menggunakan aroma untuk menandai wilayah kawanan, yang berkisar antara 75 hingga 700 hektar (2,8 km2).

Mereka juga menandai anggota kawanan lainnya dengan kelenjar aroma ini dengan menggosokkan satu sama lain. Bau menyengat memungkinkan peccary untuk mengenali anggota lain dari kawanan mereka, terlepas dari visi rabun mereka. Bau yang cukup kuat untuk diambil oleh manusia, yang menghasilkan nama panggilan “babi sigung”.

7. Fakta-fakta Menarik Tentang Peccary

Peccary collared, juga dikenal sebagai lembing, adalah mamalia seperti babi yang termasuk keluarga Tayassuidae (babi Dunia Baru).

Ini dapat ditemukan di Amerika Utara, Tengah dan Selatan. Peccary berkerah dapat bertahan hidup di berbagai jenis habitat: hutan hujan tropis, gurun, hutan dan padang rumput dengan kaktus jarang dan vegetasi semak. Itu juga dapat ditemukan di dekat ladang pertanian dan di daerah pinggiran kota, karena mereka menyediakan banyak makanan.

Peccary berkerah sering menjadi sasaran pemburu di masa lalu karena kulit mereka. Untungnya, mereka mentoleransi tekanan perburuan dan fragmentasi habitat dengan sangat baik dan mereka masih tersebar luas dan banyak di alam liar.

  • Pecahan berkerah bisa mencapai 3 sampai 4 kaki panjang dan 35 hingga 55 pon berat.
  • Peccary berkerah memiliki mantel abu-abu pendek, kasar, gelap. Rambut di daerah leher berwarna lebih terang daripada bagian tubuh lainnya dan mereka terlihat seperti kerah (karena itu namanya).
  • Peccary berkerah memiliki kepala besar dengan moncong memanjang dan panjang, gigi taring sangat tajam (gading) yang menonjol dari rahang. Memiliki tubuh kekar dan kaki ramping. Dibandingkan dengan babi Dunia Lama, peccary berkerah memiliki tubuh yang lebih kecil dan kaki yang lebih tipis.
  • Pecahan collared aktif di pagi dan sore hari. Itu terletak di bawah naungan pohon dan kaktus selama bagian terpanas hari. Peccary collared tidur di dalam liang, di bawah akar pohon atau di gua-gua pada malam hari.
  • Peccary berkerah adalah omnivora, tetapi dietnya sebagian besar didasarkan pada tanaman. Ini suka makan biji, pir berduri, beri, kacang, umbi dan akar. Diet vegetarian terkadang dilengkapi dengan serangga, kadal, dan bangkai.
  • Peccary collared hidup dalam kelompok keluarga besar yang terdiri dari 6 hingga 12 hewan (jarang hingga 50). Laki-laki yang dominan adalah pemimpin kelompok.
  • Peccary berkerah adalah hewan teritorial. Setiap kelompok melindungi wilayahnya dari kelompok terdekat.
  • Peccary yang berkerumun dari kedua jenis kelamin memiliki kelenjar musk di atas pantat. Musk yang diproduksi di kelenjar digunakan untuk menandai wilayah dan untuk identifikasi anggota kelompok yang sama.
  • Peccary collared menghasilkan gonggongan yang tajam dan melepaskan musk yang kuat ketika mendeteksi bahaya.
  • Ia menggunakan gading besar dan tajam sebagai senjata melawan predator.
  • Musuh alami peccary berkerah adalah anjing hutan, kucing hutan, jaguar, puma dan manusia.
  • Musim kawin dari peternak collared berlangsung sepanjang tahun.
  • Kehamilan berlangsung selama 145 hari dan berakhir dengan 1-4 bayi.
  • Bayi dikenal sebagai “merah” karena mereka ditutupi dengan bulu merah saat lahir.
  • Wanita mencapai kematangan seksual pada usia 8 hingga 14 bulan, pria pada usia 11 bulan.
  • Peccary collared dapat bertahan hidup 10 tahun di alam liar dan hingga 20 tahun di penangkaran.

Itulah sekilas info mengenai peccary atau pig skunk. Terimakasih.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *