Jadwal, Nutrisi dan Makanan Yang Baik Untuk Bayi Usia 7 Bulan

makanan-bayi-7-bulan

Pada usia 7 bulan, bayi biasanya sudah dapat melakukan beberapa macam gerakan-gerakan ringan, seperti menggerakkan tangan untuk mendapatkan benda disekitarnya. Perubahan fisik juga sudah mulai terjadi, seperti pertumbuhan gigi.

Di usia ke-7 bulan ini, bayi juga perlu untuk mendapatkan MPASI (Makanan Bayi Pendamping ASI) yang tepat, sehingga dapat memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh bayi sesuai masa perkembangannya.

Walaupun bayi sudah memiliki gigi, namun bayi belum bisa diberi makanan yang sembarangan. Bayi harus memakani makanan yang memiliki tekstur halus dan mudah ditelan, karena bayi memiliki sifat sensitif yang tinggi.

Ada banyak MPASI (Makanan Bayi Pendamping ASI) yang sudah siap saji dan praktis, namun apakah tidak kasihan memberi bayi makanan siap saji sejak masih kecil? Selain itu, jadwal dan menu makan untuk bayi yang berusia 7 bulan harus diperhatikan agar pertumbuhan bayi tetap baik dan sehat.

Berikut beberapa penjelasan untuk jadwal makan bayi yang baik, nutrisi yang dibutuhkan bayi, dan jenis makanan yang cocok untuk bayi.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Bayi Usia 7 Bulan

makanan-bayi-7-bulan
similac.com

Di usia bayi yang ke-7 bulan, nutrisi yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan nutrisi yang dibutuhkan di usia yang sebelumnya. Ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan agar pertumbuhan dan perkembangan bayi semakin baik. Berikut beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi yang berusia 7 bulan:

  • Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi untuk menghasilkan energi untuk bayi. Salah satu cara mendapatkan karbohidrat untuk bayi adalah dengan mengkonsumsi makanan pendamping ASI.

Karbohidrat kompleks dapat diberikan dalam bentuk bubur atau tim saring dengan porsi yang sesuai sehingga tidak mengakibatkan gangguan kesehatan seperti obesitas.

  • Lemak Sehat

Pada ikan dan buah alpukat terkandung lemak sehat yang menjadi salah satu kebutuhan bagi bayi di usia 7 bulan. Asupan lemak sehat sesuai dengan porsi yang dibutuhkan bayi dapat membantu dalam penyerapan vitamin, seperti vitamin A, D, K dan E.

  • Vitamin

Sayuran dan buah-buahan merupakan penghasil vitamin yang dibutuhkan oleh bayi. Vitamin C,K,E dan B dapat didapatkan dengan mengkonsumsi sayur dan buah. Vitamin A, D, B12 dan B6 dapat didapatkan dari sumber hewani yang berasal dari hati dan susu.

  • Mineral

Pada usia bayi 7 bulan sangat membutuhkan mineral yang berupa zat besi untuk membangun hemoglobin di dalam tubuh. Membutuhkan kalsium yang berfungsi dalam meningkatan pertumbuhan tulang dan gigi, serta membutuhkan kromium untuk membantu proses metabolisme insulin di dalam darah.

Jadwal Makan Bayi Usia 7 Bulan

makanan-bayi-7-bulan
medimetry.com

Berikut jadwal makan bayi yang berusia 7 bulan:

Untuk jadwal makan di pagi hari, bayi dapat diberikan ASI setelah bayi mandi dan berjemur selama kurang lebih 15-30 menit. Setelah itu, bayi dapat diberi makan makanan bayi sebanyak 3-5 sendok makan.

Untuk jadwal makan di siang hari, bayi dapat diberi sari buah seperi buah jeruk, pisang atau papaya setelah sang bayi bangun dari tidur siangnya. Selain itu, sang bayi juga bisa diberi biscuit sebagai camilan. Ini juga dapat sebagai pembelajaran sang bayi untuk dapat menggenggam biskuit sendiri.

Untuk jadwal makan di sore hari, bayi dapat diberi makan sebanyak 3 sampai 5 sendok sesudah diberi ASI terlebih dahulu. Sang bayi dapat diberi ASI dan makan setelah mandi sore.

Untuk jadwal makan di malam hari, sang bayi dapat diberi ASI sepuasnya hingga tertidur.

Jenis Makanan Untuk Bayi Usia 7 Bulan

makanan-bayi-7-bulan
eat-o-live.com

Jenis makanan yang akan diberikan ke bayi haruslah makanan-makanan yang aman untuk pertumbuhan dan kesehatan bayi. Berikut beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh bayi yang berusia 7 bulan.

  • Makanan Bayi Dari Daging

Daging juga bisa digunakan untuk bahan makanan bayi usia 7 bulan. Daging ini memiliki kandungan seng dan zat besi yang berguna untuk kesehatan bayi.

Sebelum dijadikan olahan untuk makanan bayi, sebaiknya daging di rebus hingga sangat empuk dan nyaman untuk bayi walaupun dia tidak menggigitnya, pastikan daging yang berkualitas baik untuk bayi.

  • Makanan Bayi Dari Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin merupakan buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan bayi usia 7 bulan.

Untuk penyajiannya, biasanya jeruk mandarin di potong kecil-kecil dan letakkan di mangkuk, biarkan bayi menikmati sajian yang mudah dan sangat bermanfaat ini.

  • Makanan Bayi Dari Bluberi

Blueberi mengandung antocyanin yang baik untuk otak, mata dan saluran kemih bayi usia 7 bulan.  Biasanya penyajian blueberi dalam bentuk sup tanpa banyak campuran bahan lain.

  • Makanan Bayi Dari Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang baik untuk bayi usia 7 bulan yang memiliki fungsi untuk perkembangan otak.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa komposisi lemak nya mirip dengan ASI.  Biasanya alpukat disajikan dalam bentuk jus tanpa es atau makanan lembut.

  • Makanan Bayi Dari Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulfur, yang menjadikannya memiliki rasa yang unik. Selain itu, Brokoli memiliki kandungan folat, serat dan kalsium.  Brokoli juga dikenal memiliki sifat melawan kanker.

  • Makanan Bayi Dari Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan folat dan zat besi yang tinggi. Salah satu sayuran hijau adalah bayam. Bayam sudah sangat popular, mudah didapatkan, memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, dan harganya terjangkau. Namun, jangan terlalu sering juga memberikannya ke bayi.

  • Makanan Bayi Dari Labu

Labu bisa diolah menjadi beberapa makanan, salah satunya sayur bening. Labu memiliki tekstur yang lembut dan cocok untuk bayi. Selain itu, labu memiliki kandungan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan bayi usia 7 bulan.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan