6 Cara Menghibur Diri Ketika Sedang Sedih Ini Sangat Ampuh dan Manjur

Cara Menghibur Diri Ketika Sedang Sedih

Cara Menghibur Diri Ketika Sedang Sedih – Banyak sekali emosi yang ada dalam diri manusia, mulai dari rasa senang, sedih, kecewa, marah, galau dan masih banyak lagi. Tentunya setiap orang memang sudah fitrahnya akan merasakan seluruh emosi yang ada.

Tidak mungkin seseorang akan berada dalam kondisi senang secara terus menerus, tidak mungkin pula seseorang akan merasa sedih terus menerus. Ketika sedang senang pasti akan merasa sedih di kemudian hari, pun sama sebaliknya, ketika sedang sedih pasti akan ada kebahagiaan di kemudian hari.

Yang terpenting dari kita adalah bagaimana cara menyikapi diri sendiri terhadap emosi yang sedang rasakan dan alami sekarang ini. tulisan ini akan lebih menitik beratkan pada kondisi sedang sedih karena kondisi ini akan membuat orang lepas kendali.

Dibawah ini adalah tips tips yang harus kamu lakukan sebagai cara menghibur diri ketika sedang sedih. Jika kamu mengetahui cara menghibur diri ketika sedang sedih maka kamu tidak akan terlalu berlarut larut dalam kesedihan.

Pikirkan Hal Hal yang Lebih Penting

Cara Menghibur Diri Ketika Sedang Sedih
lumenlearning.com

Bersedih adalah pekerjaan yang sangat menguras waktu dan tenaga, ketika kita sedang bersedih maka tidak heran kita akan sangat tidak produktif. Maka cara menghibur diri ketika sedih yang pertama adalah dengan memikirkan hal yang jauh lebih penting ketimbang hanya terus menerus bersedih.

Cobalah memikirkan hal hal yang berharga dalam hidup kamu seperti keluarga, teman, pekerjaan serta kesehatan kamu. Banyak sekali alasan agar kamu hidup bahagia dan bersyukur atas apa yang didapat sekarang ini.

Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Cara Menghibur Diri Ketika Sedang Sedih
iberostar.com

Hal kedua dari cara menghibur diri ketika sedang sedih adalah dengan melakukan hal hal yang kamu sukai, karena dengan ini maka rasa sedihmu akan teralihkan oleh hal hal yang sangat menyenangkan.

Banyak sekali hal hal yang kamu bisa lakukan seperti berolah raga, traveling, menonton film seharian penuh atau jalan jalan keluar untuk sekedar menghirup udara segar. Lakukan hal hal yang menyenangkan ini hingga kamu benar benar sudah merasa move on dan tidak merasa sedih lagi.

Bercerita Kepada Teman

Cara Menghibur Diri Ketika Sedang Sedih
picdn.net

Ketika kamu sedang ada masalah atau merasa sedih maka cobalah untuk bercerita kepada teman, cara menghibur diri ketika sedih ini memang cukup ampuh, karena banyak sekali orang yang tidak bisa memendam rasa sedih mereka sendirian. Biasanya ketika telah bercerita maka akan merasa lega atau plong.

Meskipun kita tahu, ketika kita bercerita bukan untuk mencari saran, hanya memerlukan orang yang bersedia untuk menjadi pendengar yang baik. Maka dengan adanya teman bercerita ini kamu akan merasa ada orang yang peduli terhadap kamu ketika kamu dalam kondisi sedih.

Bermain dengan Hewan Peliharaan

Cara Menghibur Diri Ketika Sedang Sedih
ummi-online.com

Mungkin ada juga sebagian orang yang memilih untuk diam ketika mereka sedang bersedih, dengan tujuan agar orang lain menganggap seperti tidak terjadi apa apa. Jika kamu adalah tipe orang yang memilih diam ketika sedang sedih, maka cobalah untuk memelihara hewan peliharaan.

Banyak sekali jenis hewan peliharaan sebagai teman mengobrol seperti kucing, anjing, ikan atau hamster. Kamu bisa menjadikannya teman kamu. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan menghabiskan waktu dengan anjing dapat meningkatkan konsentrasi endorfin yakni senaya kimia yang dapat memacu perasaan positif.

Melakukan Sesuatu Secara Spontan

Cara Menghibur Diri Ketika Sedang Sedih
thisismyhappiness.com

Cara menghibur diri ketika sedang sedih yang berikutnya adalah dengan melakukan sesuatu secara spontan. Mungkin diantara kita ada yang merasa jenuh dengan rutinitas yang itu itu saja. Maka cobalah untuk keluar dan melakukan hal yang baru.

Lakukan sesuatu secara langsung dan spontan misal tiba tiba kamu mengunjungi rumah makan yang sama sekali belum kamu coba, mengunjungi teman lama, datang ke museum atau memasak makanan untuk orang tersayang.

Menuliskan Perasaan Saat Ini

Cara Menghibur Diri Ketika Sedang Sedih
studybreaks.com

Buat kamu yang gemar menulis, maka cara menghibur diri ketika sedang sedih ini sepertinya sangat efektif dan ampuh. Kamu bisa menuangkan apa yang kamu rasakan berupa tulisan. Kamu bisa menulis sebuah puisi, kata kata sedih atau bahkan bisa membuat sebuah lagi dari apa yang telah kamu alami saat itu.

Menulis tidak membutuhkan waktu yang lama, misalkan saja 30 menit hingga satu jam sudah cukup, curahkan isi hati kamu dalam bentuk tulisan, agar kelak ketika kamu sudah bahagia atau senang bisa kembali membaca tulisan tulisan mu ketika sedang bersedih.

***

Nah itulah berbagai macam cara menghibur diri ketika sedang sedih yang bisa kamu lakukan. Setiap orang itu beda, maka cara menghibur dirinya pun berbeda, kenali dirimu lebih jauh lagi dan cari tahu apa yang membuatmu bahagia 😊

Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Dibuat oleh : Mas Rizki

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *