Jenis Tanaman Akuarium Air Tawar

Jika Anda belum pernah melihat gaya akuarium yang ditanam di tangki, Anda mungkin akan kagum melihat betapa hidup dan semaraknya akuarium semacam itu.

Itu karena fakta bahwa tanaman yang digunakan dalam akuarium air tawar memberikan air dengan penyaringan alami, membantu menjaga ikan Anda sehat, dan juga dapat membantu dalam membudidayakan ikan kecil.

Tanaman akuarium digunakan oleh ikan untuk berbagai hal seperti kenyamanan, makanan, keamanan, dan perkembangbiakan, sehingga sangat diperlukan untuk lingkungan akuarium yang sehat dan bersemangat.

Jika Anda berencana untuk memulai tangki tanam untuk akuarium tetapi tidak tahu bagaimana atau di mana untuk memulai, luangkan waktu untuk melakukan penelitian.

Sebagian besar tanaman akuarium cukup tangguh untuk menghadapi perubahan kimia dan suhu air karena Anda terbiasa memelihara tangki yang ditanam, namun, beberapa di antaranya lebih unggul daripada yang lain.

Pada artikel ini, kita akan membahas 10 tanaman terbaik untuk akuarium air tawar yang tersedia di pasaran saat ini. Jika Anda baru mengenal akuarium yang ditanam, ini adalah pilihan terbaik untuk memulai.

Jenis Tanaman Akuarium Air Tawar

Menyimpan tanaman air di akuarium air tawar Anda tidak terlalu sulit. Dengan sedikit arahan, pengetahuan, dan latihan, Anda akan dengan cepat meningkatkan tingkat kesuksesan Anda.

Ada berbagai jenis tanaman air yang dapat Anda pilih untuk akuarium air tawar Anda.

Anda memiliki pilihan beragam tanaman air saat memasang tangki yang Anda tanam. Ada beberapa tanaman yang mengapung di permukaan akuarium.

Sementara ada beberapa yang tetap berakar di pangkalan. Beberapa digunakan untuk latar belakang dan latar belakang.

Kami akan merekomendasikan beberapa jenis tanaman air terbaik untuk tangki air tawar, yang semuanya terlihat menakjubkan di akuarium Anda dan memiliki berbagai tujuan berbeda.

Anubias dan Anubias Nana

Anubias dan Anubias Nana adalah dua tanaman air yang mudah dijaga untuk akuarium air tawar Anda. Anubias biasanya dijual di atas batu atau kayu apung di toko akuarium.

Berbeda dengan Java Fern, tanaman air tawar ini tumbuh lambat. Karena itu, penting untuk membeli spesimen yang sudah sesuai dengan ukuran akuarium Anda.

Setelah diperoleh, pastikan Anda menyimpan tanaman di atas media dan jangan menutupi bagian bawah akarnya di dalam media.

Tanaman air tawar ini harus berada di bagian teduh dari tangki yang ditanam dengan aliran yang ideal untuk mencegah pertumbuhan ganggang pada daun.

Pabrik Anubias hanya membutuhkan tingkat nutrisi yang rendah dan karenanya tidak memerlukan pupuk cairan apa pun untuk ditambahkan ke air.

Anubias Nana adalah variasi anubias dengan daun yang jauh lebih kecil. Ini lebih cocok untuk akuarium yang lebih kecil atau Nano.

Tanaman ini sulit didapat dan biasanya berbiaya lebih tinggi. Keuntungan terbesar dari tanaman air ini adalah ukuran cakupan yang diberikannya.

Jika Anda membiakkan ikan yang suka bersembunyi, atau membutuhkan tempat persembunyian di akuarium Anda, ini benar-benar tanaman yang tepat untuk didapatkan.

Tidak tumbuh di atas 6 inci, jadi Anda tidak perlu khawatir harus selalu memotongnya. Ini membutuhkan suhu air 72 hingga 78 ° F dan pencahayaan sedang.

Pedang Amazon

Ini adalah tanaman yang luar biasa untuk akuarium air tawar. Ini dapat tumbuh dalam berbagai kondisi, dan jelas merupakan salah satu tanaman air tawar paling terkenal dan mudah dirawat.

Pedang Amazon biasanya tumbuh sangat besar di akuarium, jadi Anda harus mengingatnya sebelum membelinya.

Ini bagus untuk pengguna baru karena mereka bertahan dengan baik hanya dengan tingkat nutrisi dan pencahayaan yang rendah. Namun, dengan memasukkan suplemen nutrisi cair dan pencahayaan tingkat tinggi, Pedang Amazon akan mulai tumbuh sangat cepat di akuarium air tawar Anda.

Tanaman Amazon Sword umumnya pilihan pertama tanaman untuk pemula karena mereka dapat dengan mudah diperoleh dari toko akuarium dengan harga murah.

Mereka berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Namun, saat ini mereka sebagian besar tumbuh di Amerika Utara dan tersebar ke penggemar.

Amazon Sword membutuhkan pencahayaan langsung dan suhu sekitar 72 ° F – 82 ° F. Tumbuhan air ini memiliki daun yang menyerupai pedang (sesuai namanya) dan biasanya tumbuh tinggi — hingga 20 inci!

Java Moss

Tanaman ini adalah tanaman yang sangat populer untuk akuarium air tawar dan juga merupakan favorit bagi pecinta udang, karena mereka menyediakan tempat persembunyian yang luar biasa bagi mereka.

Java Moss paling baik ditambahkan ke ornamen yang ada di tangki akuarium Anda, seperti batu atau kayu apung.

Untuk melakukan ini, Anda harus menggunakan karet gelang atau benda serupa untuk mendukung tanaman akuarium hidup sementara mereka secara bertahap berakar pada ornamen.

Jika Anda menambahkannya ke batu, itu akan tumbuh keluar di permukaan tangki. Tanaman ini terkenal mengapung, jadi yang terbaik adalah melampirkannya pada sesuatu yang stabil yang dapat mencegahnya mengambang.

Tanaman Java Moss menikmati cahaya redup sedikit. Mereka akan berkembang dalam cahaya yang lebih rendah, tetapi hati-hati jika cahaya terlalu kuat atau efek terbalik akan terjadi.

Cahaya yang cemerlang akan menghambat pertumbuhan Lumut Jawa dan dapat menyebabkan wabah ganggang hijau.

Ini akan terlihat kabur dan hijau di tanah dan tahan suhu 70 ° F hingga 90 ° F tetapi tumbuh paling baik di sekitar 70 ° F hingga 75 ° F.

Java Fern

Seperti Java Moss, ini adalah tanaman yang bagus untuk akuarium air tawar, yang cocok untuk udang.

Java Fern juga lebih suka cahaya rendah, dan mereka tumbuh baik ketika rimpang mereka (yaitu batang hijau yang memunculkan daun) melekat pada ornamen atau batu.

Jika Anda memiliki tanaman Java Fern yang lebih besar, maka Anda dapat menutupi akarnya dengan batu, tetapi Anda harus waspada ketika Anda melakukan ini untuk mencegah rimpang terkubur.

Daun hijau yang panjang dan bergerombol tumbuh dalam suhu air 68 ° F – 82 ° F, dalam cahaya rendah hingga sedang, dan berfungsi dengan baik sebagai tempat persembunyian ikan dan sebagai hiasan latar belakang.

Java Fern adalah tanaman hidup yang mudah tumbuh di akuarium air tawar Anda, karena mereka mengeluarkan spora dari bagian depan daunnya ketika saatnya untuk diperbanyak. Spora ini hanya akan melayang sampai mereka menemukan sesuatu untuk mengikat diri, dan setelah itu, mereka akan tumbuh lebih cepat.

Cahaya dan suhu air yang dibutuhkan menjadikan Java Fern solusi hebat bagi pemula yang ingin mencoba tanaman air tawar.

Tumbuhan air ini tidak mahal dan sering dapat diperoleh dalam berbagai ukuran untuk akuarium yang lebih besar atau lebih kecil. Java Ferns tidak memerlukan substrat khusus tanaman atau suplemen pupuk cair.

Cryptocoryne Wendtii

Crypts adalah tanaman hebat yang biasanya ditampilkan dalam pot di lingkungan toko ikan.

Crypts dalam beberapa kasus memiliki reputasi yang buruk karena mereka “mencairkan” dengan cepat setelah ditambahkan ke akuarium yang ditanam.

Hal ini disebabkan fakta bahwa crypts kurang tahan terhadap perubahan dibandingkan dengan tanaman air lainnya di jadwal ini.

Mereka juga membutuhkan jumlah cahaya yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman lain. Oleh karena itu, mereka seharusnya dibiarkan sebagai tanaman akuarium untuk aquarist yang sedikit maju.

Bagaimanapun, mereka adalah tanaman latar depan yang cantik yang dapat dikenali oleh daun ramping panjang yang membentang dari titik fokus di bawah substrat.

Namun, setelah ditambahkan ke akuarium yang ditanam, mungkin tampak seolah-olah tanaman ini telah benar-benar larut, tetapi Crypt hanya merespons perubahan.

Saat Anda terus merawatnya, ruang bawah tanah akan memiliki kapasitas untuk kembali ke kesehatan penuh saat mengembangkan kerangka kerja akar baru di akuarium air tawar.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *