Contoh Surat Kuasa Tanah yang Baik dan Benar

Contoh Surat Kuasa Tanah – Di dunia ini, kesibukan manusia ada berbagai macam. Terkadang seseorang tidak mempunyai waktu untuk melakukan beberapa hal. Contohnya seperti apabila sedang transaksi jual beli tanah.

Biasanya mereka akan menggunakan jasa perwakilan untuk mengerjakan itu semua. Sehingga mereka perlu membuat semacam surat kuasa. Surat jenis ini mempunyai kegunaan dalam pelimpahan wewenang dari satu orang, kelompok, atau perusahaan kepada pihak lain yang dianggapnya berkompeten atau pantas menanggungnya.

Surat kuasa sendiri ada yang formal dan tidak formal. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas surat vkuasda tidak formal. Lebih tepatnya yaitu surat kuasa tanah. Tentu saja Anda membuka artikel ini bukannya tanpa alasan. Anda tentunya sedang melakukan proses atau dalam tahap di mana Anda akan bersinggungan dengan surat kuada tanah.

Oleh karena itu, simaklah baik-baik surat contoh surat kuada tanah ini sehingga Anda akan diberi kemudahan oleh Allah dalam membuatnya.

Contoh Surat Kuasa Tanah

dri1.img.digitalrivercontent.net

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Karsono Karto Suwiryo
No. Pen. : 0333-234-2777
No. Telp. : 021-5578978
Agama : Islam
Alamat : Jl. RE. Marthadinata No. 16, Cilincing – Jakarta Utara

Memberikan Kuasa kepada :

Nama : Muhammad Nashiruddin Haq SH.
Tempat/ tanggal lahir : Depok, 5 April 1969
NIK : 2732146234785941000
No. Telp. : 0251-4235643 / HP. 08535436588
Agama : Islam
Alamat : Jl. Muhammad Yamin, No. 44 – Kosambi – Tangerang

Kami memberikan kuasa penuh kepada Muhammad Nashiruddin Haq SH. untuk melakukan transaksi jual beli atas sebidang tanah seluas 340 m2, dengan nomor SHM. 551 seri 2431A Yang terletak di Jl. Sri Sultan Hamengkubuwono I No. 33 – Yogyakarta.

Tidak ada seorangpun yang berhak menjual tanah tersebut kecuali hanya bapak Muhammad Nashiruddin Haq SH.saja. Apabila tanah milik saya tersebut laku terjual, maka Bapak Sulamun berhak mendapatkan 10 % dari Hasil jual keseluruhan luas tanah.

Demikianlah surat kuasa tanah ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Saya surat ini dalam keadaan yang sehat jasmani maupun rohaninya. Dan apabila saya Pemberi Kuasa melakukan p[elanggaran-pelanggaran di luar kesepakatan, maka saya siap untuk diproses sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.

Yogyakarta, 05 Desember 2017

Yang Memberi Kuasa,                                    Yang Diberi Kuasa,

 

Materai 6000                                                    Materai 6000
(Karsono Karto Suwiryo)                     (Muhammad Nashiruddin Haq SH.)

Saksi,

 

Materai 6000
(Andi Situmorang SH)
Notaris

Itulah salah satu contoh pembuatan surat kuasa tanah yang bisa Anda membuatnya sendiri. Sebenarnya dalam membuat surat semacam ini tidak ada kesulitan yang begitu berarti. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal yang belum Anda ketahui.

Tips Membuat Surat Kuasa Tanah

Tips Mengelola Finansial dengan Membuat Laporan Keuangan
Tips Mengelola Finansial dengan Membuat Laporan Keuangan

Lakukanlah berbagai pekerjaan yang Anda sendiri anggap bisa. Lakukan saja, dan apabila Anda tengah menghadapi yang belum sesuai dengan situasi Anda. Berikanlah hal-hal lain kepada orang lain. Anggap saja bagi-bagi rejekilah.

Dengan begitu Anda akan lebih bermanfaat bagi orang lain. Penggunaan ini juga akan semakin membuat orang lain terinspirasi, karena Anda mampu melakukannya. Walaupun banyak yang gagal, hal itu tidak berarti semua yang ada miliki telah berakhir.

Terus berlatih, terutama dalam membuat surat kuasa tanah haruslah benar-benar memahaminya. Membuat surat bukanlah hal yang sulit. Yang paling mendukung adalah Anda melakukan banyak hal untuk orang lain sehingga nantinya banyak orang yang juga peduli dengan Anda.

Untuk memberikan saran, komentar, pesan, kritik, dan wejangan, jangan lupa tinggalkan komentar di kolom di bawah ini ya. Semoga contoh surat kuasa tanah yang sudah kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda semua. Wassalamu’alaikum.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *