Cara Mendidik Anak Perempuan Sesuai Dengan Tuntunan Syari’at

Cara Mendidik Anak Perempuan – Anak laki atau anak perempuan, semuanya adalah karunia Allah Azza Wajalla yang wajib disyukuri. Seorang ibu dan bapak tidak boleh merasa kesal ketika menginginkan anak laki-laki, lalu yang lahir adalah anak perempuan dan sebaliknya.

Meskipun di masyarakat pada umumnya anak laki-laki lebih menggembirakan daripada anak perempuan karena berbagai alasan. Bagi anda yang melahirkan anak, jangan bersedih sebab anak perempuan sebenarnya adalah anugrah yang sangat besar dan bisa menjadi penolong bagi orang tuanya di akhirat kelak.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa diuji dengan sesuatu dari anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepadanya, kelak mereka akan jadi penghalang dari api neraka”. HR. Al-Bukhori dan Muslim.

Cara Mendidik Anak Perempuan Dalam Islam

Cara Mendidik Anak Perempuan Dalam Islam
Holmskjold.com

Seorang perempuan memiliki sangat banyak keutamaan, diantaranya ialah ia bisa menjadi penyelamat untuk kedua orang tuanya pada hari kiamat, dan ketika telah menikah dan memilki anak, maka surga berada di bawah telapak kakinya.

Namun, ingatlah sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menyebutka bahwa perempuan merupakan penduduk terbanyak dalam neraka, sebab jalan untuk terjerumus dalam kemaksiatan bagi perempuan sangat banyak.

Nah, untuk itu para orang tua yang memiliki anak perempuan harus menyadari hal agar anaknya tidak terjerumus dalam perkara yang dilarang oleh agama, yakni dengan memperhatiak pendidikan anak perempuannya.

Berikut ini beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik anak perempuannya:

Memberi nama yang baik untuk anak perempuan

Nama merupakan identitas seorang muslim dan muslimah. Maka dari itu, sangat penting memberi nama bayi perempuan yang bagus setelah ia dilahirkan. Nama yang diberikan harus nama yang islami dan maknanya bagus, sebab ia akan selalu dipanggil dengan nama itu.

Mengajarkan Ilmu Tauhid

Mengajarkan Ilmu Tauhid
islamkafah.com

Ilmu tauhid adalah dasar agama islam, yakni memahami rukun iman dan hal lain yang berkaitan dengan keimanan. Setiap orang tua wajib mengajarkan kepada anak perempuannya tentang iman kepada Allah, iman kepada para Malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada para Rasul, Iman kepada hari kiamat, dan iman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.

Ilmu tauhid merupaakn ilmu yang paling penting dalam agama islam. Bagaimana mungkin seseorang terhindar dari syirik kalau dia tidak memahami apa itu syirik. Bagaimana mungkin seorang anak menjauhi bid’ah kalau dia tidak memahami apa itu bid’ah. Jadi sebelum mengajarkan ilmu-ilmu yang lainnya, ilmu tauhid harus diajarkan kepada anak.

Mengajarkan Cara Beribadah

republika.com

Anak perempuan harus dibimbing untuk beribadah sejak kecil agar nanti setelah dia dewasa tidak lagi sulit untuk diarah beribadah. Sehingga ibu dan ayah dari seorang anak harus mengajarkan cara beribadah yang benar.

Mengajarkan juga amalan-amalan sunnah penting bagi anak perempuan. Bila anak terbiasa mengerjakan amalan-amalan sunnah sejak kecil, dia tidak akan merasa berat lagi untuk mengerjakan amalan-amalan sunnah setelah ia baligh.

Mengajarkan Doa-doa Harian

Setelah mengajarkan cara wudhu, sholat, dan ibadah lainnya, selanjutnya anak perempuan hendaknya diajarkan doa-doa harian, seperti doa sebelum tidur dan bangun tidur, doa sebelum dan sesudah makan, doa keluar rumah, doa masuk masjid dan keluar masjid, doa masuk dan keluar mandi, dan lain-lain.

Bengajarkan Akhlak Yang Baik

sharinghappiness.com

Akhlak adalah perhiasan seorang muslim dan muslimah. Mengajarkan akhlak yang mulia bagi anak sejak kecil sangat mempengaruhi kelakuan dan sifat anak setelah ia dewasa. Anak yang dididik sejak kecil akan lebih sopan dalam bergaul dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Mengajarkan Pekerjaan Rumah Tangga

Anak perempuan kelak setelah dia dewasa dan menikah dituntut untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah sebagai kewajibannya sebagai istri. Bila anak perempuan tidak diajarkan dan dibiasakan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah sejak ia masih remaja, maka ia akan kesulitan ketika ia tinggal bersama suaminya kelak.

Kesimpulan

Itulah beberapa poin yang sangat penting diperhatikan orang tua dalam mendidik anak perempuannya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan kelak anak-anak perempuan kita menjadi wanita-wanita sholeh yang selalu menjalankan kewajibannya sebagai muslimah.

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *